Selasa, 29 September 2009

Pengertian Proyek

Manajemen proyek kini merupakan keharusan, bukan lagi sekedar pilihan. Ini berarti bahwa pekerjaan-pekerjaan tertentu akan lebih efisien dan efektif jika dikelola dalam kerangka proyek dan bukan diperlakukan sebagai pekerjaan biasa. Dengan demikian diperlukan penerapan manajemen proyek secara benar. Maka memahami manajemen proyek secara benar sangatlah penting dalam rangka bisa melaksanakannya.

Pengertian PROYEK

Secara umum pengertian proyek adalah kegiatan yang melibatkan berbagai sumber daya yang terhimpun dalam suatu wadah (organisasi) tertentu dalam jangka waktu tertentu untuk melakukan kegiatan yang telah ditetapkan sebelumnya atau untuk mencapai sasaran tertentu.

Kegiatan proyek biasanya dilakukan untuk berbagai bidang antara lain sebagai berikut:
1.Pembangunan fasilitas baru. Artinya merupakan kegiatan yang benar-benar baru dan belum pernah ada sebelumnya, sehingga ada penambahan usaha baru.
2.Perbaikan fasilitas yang sudah ada. Merupakan kelanjutan dan usaha yang sudah ada sebelumnya. Artinya sudah ada kegiatan sebelumnya, namun perlu dilakukan tambahan atau perbaikan yang diinginkan.
3.Penelitian dan pengembangan. Merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan untuk suatu fenomena yang muncul di masyarakat, lalu dikembangkan sedemikian rupa sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Dalam prakteknya, timbulnya suatu proyek disebabkan oleh berbagai faktor antara lain:
1.Adanya permintaan pasar. Artinya adanya suatu kebutuhan dan keinginan dalam masyarakat yang harus disediakan. Hal mi disebabkan karena jenis produk yang tersedia belum mencukupi atau memang belum ada sama sekali.
2.Untuk meningkatkan kualitas produk. Bagi perusahaan tertentu proyek dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas atau mutu suatu produk. Hal mi dilakukan karena tingginya tingkat persaingan yang ada.
3.Kegiatan pemerintah. Artinya merupakan kehendak pemerintah dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat atas suatu produk atau jasa, sehingga perlu disediakan berbagai produk melalui proyek— proyek tertentu.

Dalam segala hal selalu dibutuhkan pengaturan,pengelolaan dan pengarahan agar tidak menyimpang dari jalan yang seharusnya. Begitu juga dengan proyek, agar proyek yang dikerjakan bisa bermanfaat maka dibutuhkan pengelolaan yang baik. Jadi manajemen proyek itu merupakan cara mengorganisir atau mengelola segala sesuatu tentang proyek, dari awal pengerjaan hingga selesai.


Seperti Apa Contoh Proyek Itu ??

  1. Pembuatan Rumah
  2. Pembuatan Jalan
  3. Pembuatan Iklan Perusahaan
  4. Pembentukan Tim evaluasi lokasi baru perusahaan
  5. Pembuatan prototipe produk baru
  6. Pembuatan Perangkat Lunak
  7. DLL

Ruang lingkup proyek :

Agar proyek yang dikerjakan mudah dimengerti dan memuaskan perlu diperhatikan beberapa hal :

  1. Kualitas Produk
  2. Ketidakpastian
  3. Kemungkinan resiko
  4. Anggaran Biaya
  5. Penjadwalan proyek
  6. Komunikasi kepada Pelanggan
  7. Sumber daya yang mengerjakan proyek
  8. Pengawasan proyek
  9. Jumlah pemakai

Dari semua hal yang sudah dijelaskan di atas, akan bijaksana apabila kita mengerjakan proyek harus di rencanakan matang-matang,dengan setiap konsekuensinya demi tercapainya kepuasan pelanggan.


Yg pasti adalah mengelola proyek tidaklah gampang. Teori, metode, dan tool yg sudah dikembangkan bejibun – tapi esensi dari manajemen proyek adalah mengelola manusia. Bagian ini yg sering dilupakan oleh engineers saat mendapatkan tugas jadi pimpro. Perlu saya sampaikan di sini adalah salah satu pernyataan dari rekan yg menjadi project manager (pimpro) sebagai berikut:

dulu kriteria sukses dari sebuah proyek adalah triple constraints: time-cost-quality; sekarang mestinya ditambah dua lagi: safety dan transparansi.

2 komentar: